Beragam Jenis Burung Anis Kembang di Indonesia Terlengkap

Posted on
Burung Anis Kembang
Burung Anis Kembang

Jenis Burung Anis Kembang (Zoothera interpres) – Persebaran burung anis kembang tersebar di beberapa wilayah seperti di Indonesia, Malaysia dan juga Filipina. Namun populasinya di alam liar saat ini sudah mulai berkurang, bahkan menurut catatan BirdLife Indonesia mengungkapkan bahwa keberadaan burung anis kembang masih bisa kita temukan di beberapa daerah seperti di Flores dan Kalimantan.

Di Indonesia, ada sekitar 12 subspecies burung anis yang dapat kita jumpai di alam bebas. Dari angka tersebut sudah termasuk dengan subspecies burung anis kembang. Pemburuan burung anis kembang ini sudah di mulai sejak awal tahun 1995, setelah pulau Sumbawa mulai kehabisan stoknya, maka para pemburu mulai pindah ke Flores untuk melakukan pemburuan. Habitat asli dari burung anis kembang sendri banyak hidup di daerah dengan ketinggian antara 200-1300 mdpl, kawasan sebaran burung anis kembang paling banyak berada di Nusa Tenggara.

Jenis Burung Anis Kembang Berdasarkan Habitat Aslinya

Secara umum, tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok dari jenis-jenis burung anis kembang ini, baik dari segi volume, mental maupun gaya bertarungnya. Setiap jenis anis kembang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia ada yang memiliki mental bagus, bersuara tipis, ada yang sering ngerol mendongak dan ada juga yang hanya bisa ngeriwik-ngeriwik. Jika memilih burung anis kembang, maka sebaiknya pilih burung yang berasal dari penangkaran yang memiliki riwayat bagus dengan menghasilkan burung-burung jawara.

Meski tidak memiliki ciri khas dari burung anis kembang berdasarkan habitatnya, namun ada beberapa ciri dari setiap jenis burung anis kembang yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam mengenalinya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasinya berikut ini.

  1. Anis Kembang Nusa Tenggara / Anis Kembang Sumbawa
Anis Kembang Sumbawa
Anis Kembang Sumbawa

Berikut ini beberapa ciri yang bisa anda kenali dari burung anis sumbawa, diantaranya yaitu :

  • Burung anis sumbawa ini memiliki bentuk atau postur badan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis Anis Kembang lainnya.
  • Di bagian dadanya terdapat bercak atau trotol yang tidak beraturan dan hampir memenuhi bagian dadanya.
  • Di bagian sayapnya terdapat bulu berwarna putih yang membentuk sperti bulatan-bulatan yang mirip dengan awan atau mega dan tampak sangat rapi.
  • Burung Anis Kembang Sumbawa memiliki ciri khas dari suaranya yang mengema atau ngebass.
  • Burung ini cenderung lebih susah untuk ngerol, kecuali jika burung ini sudah mengalami birahi atau sudah siap kawin dan dalam kondisi fit. Apalagi jika burung jantan di dekatkan dengan betinanya yang sudah siap kawin.
  1. Anis Kembang Kalimantan Atau Anis Kembang Borneo
Kembang Kalimantan Atau Anis Kembang Borneo
Kembang Kalimantan Atau Anis Kembang Borneo

Berikut ini beberapa ciri yang bisa anda kenali dari burung anis sumbawa, diantaranya yaitu :

  • Burung anis ini memiliki bentuk atau postur tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan Anis Kembang Sumbawa dan juga Anis Kembang Jawa Barat.
  • Burung anis ini memiliki suara kicaua yang mengkristal namun tidak begitu keras.
  • Di bagian bulu dadanya tampak bercak atau trotol yang ngeblok atau tidak beraturan.
  • Di bagia bulu dadanya hingga bagian samping kiri dan kanan yang berada di bawah sayap terdapat bulu berwarna kuning kecoklatan.
  • Di bagian pangkal sayapnya, akan tampak bulu berwarna putih berbentuk mirip seperti bulatan awan atau mega yang terputus dengan bulu berwarna hitam dibagian bawahnya.
  • Jenis burung Anis Kembang Kalimantan ini lebih mudah untuk ngerol, tetapi memiliki daya tahan yang lemah.
  1. Anis Kembang Jawa Barat Atau Anis Kembang Tasikmalaya
Anis Kembang Jawa Barat
Anis Kembang Jawa Barat

Berikut ini beberapa ciri yang bisa anda kenali dari burung anis sumbawa, diantaranya yaitu :

  • Burung Anis Kembang Tasikmalaya ini memiliki bentuk atau postur tubuh yang paling kecil diantara jenis Anis Kembang lainnya.
  • Pada kedua kakinya terlihat lebih pendek dari jenis Anis Kembang lainnya.
  • Di bagian bulu dadanya ada bercak atau trotol yang tampak beraturan dan tidak ngeblok,
  • Di bagian sayapnya, bulu-bulunya seperti yang terputus-putus sehingga mirip dengan bentuk sisir.
  • Burung Anis Kembang yang berasal dari Jawa Barat ini cenderung lebih mudah untuk ngerol dibandingkan dengan jenis lainnya.

Nah itulah beberapa jenis burung anis kembang yang tersebar di Indonesia, anda bisa memilih jenis AK mana yang menurut anda menarik untuk dipelihara sebagai koleksi burung kicauan anda dirumah.

Tips Merawat Burung Anis Kembang Agar Cepat Ngerol

Bagi anda yang tertarik untuk memelihata burung Anis Kembang, admin punya tips agar Anis Kembang yang anda pelihara bisa cepat ngerol. Penasaran, bagaimana caranya? Simak ulasannya dibawah berikut ini.

Tips Merawat Burung Anis Kembang
Tips Merawat Burung Anis Kembang
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, mulai pukul 06:30, gantangkan sangkar anis kembang peliharaan anda di depan rumah jangan lebih dari satu jam. Setelah itu, masukan burung ke dalam keramba pemandian agar burung mandi atau anda bisa memandikannya dengan cara di semprot dengan menggunakan alat semprot.
  • Setelah selesai memandikan burung, bersihkan sangkar burung dari kotoran dan sisa pakan yang berceceran agar burung anis kembang yang anda pelihara terhindar dari berbagai jenis penyakit.
  • Pastikan anda selalu rutin mengganti voer setiap dua hari sekali, setiap seminggu dua kali anda bisa memberikan jenis pakan tambahan berupa jangkrik sebanyak 2-3 ekor dan jemur burung dibawah terik matahari mulai pukul 08:00 – 10:00. Pastikan selama dijemur, burung anda tidak melihat jenis burung sejenis lainnya.
  • Setelah selesai menjemur, gantangkan sangkar burung di tempat yang teduh atau di bawah pohon dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 jam. Selama di angin-anginkan, anda bisa memberikan ulat hongkong yang sudah berwarna putih sebanyak 2-3 ekor.
  • Selama digantung di tempat yang teduh, sebaiknya putar mp3 kicauan masteran hingga sore hari dan usahakan jangan sampai melihat burung sejenis lainnya.
  • Saat menjelang sore sekitar pukul 15:00, mandikan lagi burung anis kembang anda dan gantangkan lagi sampai bulunya kering sampai pukul 17.00. Setelah tubuhnya kering, berikan satu sendok teh kroto segar dan tungg sampai burung anda selesai makan sebelum memasukannya ke dalam rumah dan di kerodong.

Catatan :

Dalam pemberian pakan jenis kroto, sebaiknya anda memberikannya secara teratur dan pastikan kroto yang diberikan selalu dalam keadaan segar. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi gangguan pada pencernaannya. Sebenarnya fungsi dari pemberian jenis pakan ekstra fooding seperti jangkrik yaitu untuk meningkatkan power kicauan, kroto dapat membuat burung cepat gacor, cacing dapat meningkatkan birahi dan ulat hongkong dapat meredam birahi dari burung Anis Kembang anda.

Baca Juga :

Daftar Harga Burung Anis Kembang Terbaru

Muingkin harga burung Anis Kembang di setiap daerah akan berbeda-beda dan tergantung dari usia, jenis kelamin dan juga kualitas kicauannya. Untuk harga kisarannya bisa anda lihat pada tebal berikut ini.

Burung Anis Kembang Harga
Burung Anis Kembang Bahan Mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 750.000
Burung Anis Kembang Bakalan Mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 750.000
Burung Anis Kembang Trotolan Mulai dari Rp 800.000 sampai Rp 850.000
Burung Anis Kembang Ngriwik Mulai dari Rp 850.000 sampai Rp 900.000
Burung Anis Kembang Gacor Mulai dari Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000

Bagaimana, tertarik untuk memelihara burung Anis Kembang sebagai koleksi burung kicauan anda dirumah?

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis burung Anis Kembang dan cara perawatannnya, semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan salam kicau mania.

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *