Mengenali Burung Anis Kembang di Indonesia

Anis Kembang

Anis Kembang

Burung Anis Kembang – Selain anis merah, anis kembang juga termasuk salah satu jenis burung kicauan yang banyak digemari oleh para kicau manis sebagai hewan peliharaan. Banyak faktor yang membuat jenis burung anis kembang ini menjadi burung kicauan yang banyak dipelihara mulai dari suara kicauan, gaya berkicau dan juga warna burungnya yang sangat indah di pandang.

Perawatan burung anis kembang ini tidak begitu susah, asalkan kita sudah mengenakl karakteristik dari burung anis kembang itu sendiri.

Karakter Dasar Burung Anis Kembang

Berikut ini beberapa karakter dasar dari burung anis kembang yang perlu anda ketahui sebelum anda memeliharanya, yaitu :

  • Sangat sensitif dan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa beradaptasi

Ketika terjadi perlakukan kasar, perubahan suasana lingkungan dan juga perubahan ornamen secara drastis yang di alami oleh burung anis kembang akan membuatnya mengalami stres.

  • Sering merasa bosan

Apabila burung anis kembang ini selalu diletakan di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama, maka burung yang satu ini akan menjadi malas dan tidak ingin berkicau. Biasanya faktor yang menyebabkan anis kembang malas dan tidak ingin berkicau yaitu disebabkan oleh karena merasa bosan dengan suasana di lingkungannya, sehingga dibutuhkan suasana baru.

Maka dari itu, cobalah untuk selalu memindah-mindahkan lokasi tempat untuk menggantang sangkarnya. Misalnya, jika biasanya anda menggantangnya di depan rumah, maka anda bisa memindahkannya ke samping rumah dan lokasi-lokasi lain yang dapat membuatnya tidak merasa bosan.

  • Birahi Anis Kembang Mudah Sekali Naik

Burung kicauan yang satu ini memiliki birahi yang sangat tinggi dan mudah sekali naik. Banyak faktor yang dapat membuat birahinya naik, yaitu mulai dari pemberian ekstra fooding yang berlebihan, terlalu lama di jemur atau bertemu dengan burung anis kembang lainnya.

  • Burung Anis Kembang adalah burung yang sangat manja

Pada umumnya, burung anis kembang malas untuk berkicau dan hanya locat kesana kemari naik turun tangkringan saja ketika berjumpa dengan pemilik atau perawatnya. Hal ini dikarenakan, secara psikologis burung ini telah menganggap jika pemiliknya adalah pasangannya. Memang sediki terdengar aneh, tetapi memang begitulah kenyataannya.

  • Mudah Sekali Dijinakan

Karena memiliki sifat manja, maka untuk bisa menjinakan burung ini tidaklah begitu sulit kepada pemilik atau perawatnya.

Itulah beberapa karakteristik dasar dari burung anis kembang, dengan anda mengetahui karakter dari burung ini sehingga dapat memudahkan anda dalam merawatnya.

Jenis-jenis Anis Kembang dan Habitat Asalnya

Tidak hanya burung anis merah, burung anis kembang juga memiliki beberapa jenis atau subspecies berdasarkan dari habitat aslinya. ada tiga jenis burung anis yang bisa anda temukan di Indonesia, yaitu :

  1. Anis Kembang Nusa Tenggara atau lebih dikenal dengan sebutan Anis Sumbawa.
  2. Anis Kembang Kalimantan atau lebih dikenal dengan sebutan Anis Borneo
  3. Anis Kembang Jawa Barat atau lebih dikenal dengan sebutan Anis Tasikmalaya

Cara Membedakan Burung Anis Jantan dan Betina

Sebelum anda mulai untuk memelihara atau membudidayakan burung anis kembang, maka anda wajib tahu bagaimana cara membedakan jenis kelamin dari anis kembang itu sendiri. Untuk membedakan antara anis kembang jantan dan betina, anda bisa mengenalinya dengan ciri-ciri berikut ini.

Ciri-Ciri Burung Anis Kembang Jantan

Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik anis kembang jantan, diantaranya yaitu :

  • Memiliki mata yang menonjol atau melotot
  • Memiliki bulu yang berwarna hitam gelap atau abu-abu berlekuk seperti awan mendung di bagian pantatnya
  • Memiliki warna bulu yang mengkilap dan begitu kontras
  • Ketika masih anakan atau trotolan akan sering membuka mulutnya jika sedang ngeriwik
  • Memiliki tulang supit yang rapat dan runcing
  • Memiliki bentuk kaki yang rapat
  • Ketika sudah dewasa dan mengalami birahi, maka akan sering menunjukan prilaku yang begitu menggoda.

Ciri-ciri Burung Anis Kembang Betina

Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik Anis Kembang Betina, diantaranya yaitu :

  • Memiliki mata yang datar dan tidak menonjol atau melotot.
  • Pada anis kembang dewasa bulu di daerah anusnya hanya memiliki satu warna, bisa berwarna putih terang atau putih keruh.
  • Memiliki warna bulu yang agak pudar, tidak mengkilap dan tidak terlalu kontras seperti pada Anis Kembang jantan.
  • Ketika masih anakan, ketika masih belajar mengeriwik hanya bisa menggelembungkan lehernya.
  • Pada bentuk kakinya agak renggang dan agak menunduk.
  • Ketika sedang birahi, anis kembang dewasa akan mengeleperkan sayapnya saat bertemu anis kembang jantan.

Pemilihan Bahan Burung Anis Kembang Yang Baik Untuk Dipelihara

Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika memilih bahan atau bakalan burung anis kembang utuk dipelihara, meliputi :

  • Berjenis Kelamin Jantan

Pilih bakalan anis kembang berkelamin jantan dengan melihat ciri-cirinya seperti yang telah dijelaskan diatas, pastikan juga memiliki pergerakan yang lincah.

  • Bentuk Paruh

Pilih bakalan yang memiliki bentuk paruh dengan pangkal yang lebar, tidak besar dan juga tidak panjang serta pda paruh bagian atas harus lurus. Pastikan anda tidak memilih anis kembang yang memiliki paruh bengkok, pastikan juga posisi lubang hidungnya dekat dengan mata.

  • Postur Tubuh

Pilih bakalan yang memiliki postur tubuh sedang dan memiliki leher, badan, ekor panjang serta panjang kaki yang serasi.

  • Sayap Dan Kaki

Pastikan anda memilih bakalan dengan posisi sayap mengepit dan pada kakinya mencengkram dengan kuat. Hal ini menandakan jika bakalan anis kembang tersebut memiliki kondisi yang sehat dan kuat.

  • Lincah dan memiliki nafsu makan baik

Pilih bakalan yang memiliki pergerakan lincah dan memiliki nafsu makan baik, karena itu adalah ciri-ciri anis kembang bermental baik.

Jenis Pakan Yang Baik Untuk Burung Anis Kembang

  • Voer

Voer adalah jenis pakan utama terbaik untuk burung anis kembang, pastikan anda memberikan pakan yang memiliki kadar protein 12-18%. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengganti voer setiap dua kali sehari.

  • Buah-buahan segar

Di habitat aslinya, burung anis kembang sangat menyukai jenis pakan yang berasal dari buah-buahan segar, beberapa jenis buah yang baik dan disukai oleh burung anis kembang yaitu seperti buah pepaya, pisang kepok putih, tomat dan masih banyak jenis buah segar lainnya.

  • EF (Extra Fooding)

Pemberian pakan tambahan pun sangat penting untuk diberikan. Beberapa jenis pakan tambahan yang bisa diberikan diantaranya seperti jangkrik, kroto, cacing, ulat hongkong, belalang, orong-orong, ulat bambu, kelabang dan jenis serangga atau hewan kecil lainnya.

Cara Merawat Anis Kembang Harian

Untuk menghasilkan burung anis kembang yang baik dan memiliki kicauan yang indah, maka sangat dipengaruhi oleh faktor makanan dan juga perawaran harian yang baik. Dalam melakukan perawatan burung anis kembang, mengenali karakter dan kebiasaan burung tersebut juga sangat penting agar memudahkan kita dalam meperlakukannya dengan baik.

Jika ingin sukses dalam merawat burung anis kembang, maka anda harus memperhatikan kenyaman dan keamanan tempat yang akan digunakan. Pastikan tempat untuk merawat burung ini jauh dari hewan pemangsa dan juga berada di tempat yang jauh dari kebisingan atau banyak orang berlalu lalang. Hal ini dikarenakan, tempat yang terlalu ramai dan bising dapat membuat burung anis kembang sering kaget dan bisa membuatnya stres.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara burung anis kembang sebagai peliharaan dirumah anda?

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca semua.

Komentar

Komentar

Mengenali Burung Anis Kembang di Indonesia | admin | 4.5