Jenis Burung Anis Merah di Indonesia Terlengkap

Anis Merah

Anis Merah

Beritakicau.com – Burung Anis Merah (Zoothera citrina) merupakan salah satu jenis burung anis merah yang paling digemari oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia. Anis merah atau punglor merah atau juga sering disebut dengan punglor bata ini memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan memiliki pesona yang mampu memikat hati para kicau mania yang melihatnya.

Habitat Burung Anis Merah Di Indonesia

Anis merah sendiri tidak hanya dapat ditemukan di negara kita saja, tetapi juga banyak ditemukan di beberapa negara lain seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, India, Laos, China, Kamboja dan beberapa negara dikawasan Asia lainnya. Namu sayangnya, pemburuan atau penjaringan burung anis merah yang dilakukan secara terus menerus membuat populasi burung kicauan ini mulai menurun drastis. Seperti misalnya populasi Anis Merah yang berada di kawasan pulau Jawa sudah sangat sedikit, sehingga burung Anis Merah ini cukup culit ditemukan di alam bebas.

Di Indonesia sendiri, burung anis ini bisa ditemukan dibeberapa daerah seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Bali. Keberadaan anis merah di Sumatera merupakan hasil dari migrasi yang berasal dari kawasan daratan Asia, dikawasan ini kemungkinan ada dua subspecies yaitu Zoothera citrina innotata dan Zoothera citrina gibsonhilli. Habitat anis merah di Kalimantan banyak ditemukan di daerah pegunungan yang berada pada ketinggian antara 1.000 hingga 1.500 mdpl. Sedangkan habitat burung anis merah di kawasan Pulau Jawa dan Bali, burung kicauan ini banyak ditemukan di daerah pengunungan pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl dan subspecies yang paling banyak ditemukan di Pulau Jawa yaitu Zoothera citrina rubecula.

Ciri Anis Merah Jantan Dan Betina

Anis Merah adalah jenis burung monomorfik, maka untuk membedakan antara jantan dan bentina cukup sulit untuk dibedakan dengan cara melihat berbagai ciri fisik yang terlihat. Namun ada banyak mitos yang menyebutkan bahwa ciri fisik tertentu dijadikan sebagai patokan untuk membedakan antara jenis kelamin jantan dan betina pada burung anis merah, tetapi pada kenyataannya sangat sulit untuk membedakan jenis kelamin pada burung anis merah jika hanya melihat ciri fisiknya saja.

Meski demikian, ada beberapa patokan yang bisa dijadikan untuk membedakannya meski tingkat akurasinya tidak 100%. Misalnya saja dilihat dari ciri fisiknya, anis merah jantan memiliki warna merah yang lebih terang dibandingkan dengan betina. Begitu pula pada warna hitamnya yang terlihat lebih legam.

Cara lain untuk membedakan jenis kelamin anis merah juga bisa dilakukan dengan meraba bagian kloaka, cara ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kerapatan dari tulang supitnya. Ciri kloaka pada anis merah jantan memiliki tulang supit yang lebih rapat dan runcing, sedangkan pada bentina agak renggang dan lembek.

Perbedaan lain yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk membedakan jenis kelamin anis merah yaitu dengan melihat prilakunya. Pada anis merah jantan akan sering mengangkat kepalanya ketika berkumpul bersama burung anis lain atau anis betina, sedangkan pada burung anis betina tidak memperlihatkan prilaku apapun meski sedang berkumpul bersama dengan burung anis merah lainnya.

Prilaku anis merah betina bisa dilihat ketika sedang birahi, ketika anis merah betina bertemu dengan anis merah jantan yang sedang berkicau atau teler, biasanya sang betina akan menggetar-getarkan sayapnya dan mendongakan kepalanya sambil mengeluarkan siulan “ciiiirrr…

Cara Memilih Burung Anis Merah

Ketika anda ingin memelihara burung anis merah jantan sebagai peliharaan, maka anda bisa memilih dengan patokan sebegai berikut :

  • Bentuk Paruh

Ciri fisik yang pertama dalam memilih anis merah untuk peliharaan yaitu dengan memperhatikan bentuk paruhnya. Pilih paruh yang memiliki pangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Sedangkan paruh pada bagian bawah harus berbentuk lurus. Hindari memilih bentuk paruh anis merah yang bengkok dan pastikan lubang hidungnya dengan dengan mata.

  • Postur Tubuh

Dilihat dari postur tubuhnya, sebaiknya pilih anis merah yang memiliki postur sedang. Selain itu, pastikan juga pada bagian leher, badan, ekor dan kakinya panjang dan serasi. Hindari memilih burung anis dengan badan dan leher yang pendek.

  • Sayap

Pada saat memilih burung anis merah, pastikan pada bagian sayapnya mengepit rapat dan pada bagian kaki mencengkram dengan kuat. Ciri ini menandakan jika burung anis merah tersebut dalam kondisi sehat.

  • Warna Kaki

Warna pada bagian kaki tidak mempengaruhi kondisi mental burung.

  • Lincah dan memiliki nafsu makan besar
  • Berdiri pada posisi kepala mendangak sekitar 45 derajat celcius

Cara Merawat Burung Anis Merah Yang Baik Dan Benar

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan burung anis harian, yaitu :

  • Kandang Atau Sangkar

Burung anis merah bisa dipelihara di dalam sangkar atau kandang berbentuk persegi dengan ukuran 40 x 40 x 60 atau bisa juga pada sangkar berbentuk bulat berdiameter 30 cm. Sedangkan pada bagian tenggeran atau pangkringanya bisa dibuat dari ranting pohon atau kayu dengan diameter 1,5 cm. Anda bisa gunakan cabang dari kayu asam yang cukup keras, memiliki permukaan yang cukup kasar sehingga bisa digunakan untuk mengasah bagian paruhnya agar tidak menjadi runcing. Dalam melakukan perawatan harian, sebaiknya tidak memakai kerodong ketika di siang hari, sedangkan pada malam hari sebaiknya sangkar atau kandang di kerodong agar burung tidak merasa kedinginan.

  • Pemberian Pakan

Dalam pembarian pakan pada burung anis merah sebaiknya menggunakan pakan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi lengkap, sehingga anis merah yang kita pelihara dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Berikut ini beberapa makanan favorit yang disukai oleh burung anis merah, yaitu :

  • Voer

Dalam memilih voer sebagai makanan utama pada burung anis merah, sebaiknya pilih yang memiliki kadar protein sedang antara 12% sampai 18%. Pastikan juga voer selalu tersedia dalam wadah pakannya, ganti setiap dua hari sekali dengan voer yang baru jika tidak habis.

  • Buah Segar

Burung anis memang termasuk jenis burung penyuka buah-buahan. Beberapa jenis buah yang disukai oleh anis merah yaitu seperti pepaya, mangga, pisang kepok putih, apel, tomat dan juga buah pir. Akan lebih baik jika burung ini diberikan makan buah pepaya, karena pepaya mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Selain itu, buah pepaya juga mengandung serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaannya.

  • EF (Extra Fooding)

Extra Fooding merupakan jenis pakan tambahan yang bisa diberikan kepada burung anis merah. Makanan tersebut terdiri dari Orong-orong, Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, Cacing, Ulat Bambu, Belalang dan Kelabang. Pemberian makanan tambahan ini harus selalu disesuaikan dengan karakter dari setiap burung dan harus mengetahui secara pasti dampak klasual dengan dilakukan pemberian jenis pakan ini.

Penyakit Pada Burung Anis

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang burung anis merah, diantaranya yaitu :

  • Gangguan Pernapasan
  • Berak Kapur
  • Snot atau coryza
  • Bubul
  • Cacingan
  • Mencret
  • Kutu Burung
  • Virus Burung

Itulah pembahasan singkat mengenai burung Anis Merah yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Salam kicau mania !!!

Komentar

Komentar

Jenis Burung Anis Merah di Indonesia Terlengkap | admin | 4.5