Mengenali Beragam Burung Anis di Indonesia

Beragam Burung Anis Di Indonesia

Beragam Burung Anis Di Indonesia

Beritakicau.com – Burung anis merupakan salah satu jenis burung kicauan yang dikenal juga dengan sebutan burung punglor. Burung kicauan yang satu ini termasuk ke dalam keluarga genus Zoothera dan Turdus. Burung anis banyak ditemukan di beberapa kawasan di Indonesia, seperti di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua dan beberapa kawasan lainnya. Jenis burung kicauan yang satu ini sangat digemari oleh para penggemar burung kicauan, karena suara kicauannya yang sangat indah dan lantang. Oleh sebab itu, harga burung anis dipasaran sangat tinggi.

Beragam Jenis Burung Anis Di Indonesia

Ada beberapa jenis burung anis yang bisa anda temukan dan terpopuler di Indonesia, diantaranya yaitu :

  1. Anis Merah (Zoothera citrina)
Anis Merah

Anis Merah

Anis merah merupakan jenis burung anis yang paling digemari dan banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia. bukan tanpa alasan, berkat kicauannya yang indah dan merdu membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Jenis anis merah sendiri memiliki beberapa subspesies, beberapa diantaranya bisa anda temuka di pula Jawa dan Bali, sedangkan subspesies anis merah lainnya banyak tersebar di beberapa negara di kawasan Asia seperti di Myanmar, Srilanka dan India.

  1. Anis Macan (Zoothera dohertyi)
Anis Macan

Anis Macan

Jenis burung anis berikutnya yang bisa ditemukan di Indonesia yaitu anis macan atau lebih dikenal dengan sebutan punglor ampenan atau anis ampenan, karena dulunya burung ini pertama kali ditemukan di Ampenan. Anis macan ini memiliki suara yang sangat merdu dan lembut, anis jenis ini lebih banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur seperti di Pulau Lombok, Sumbawa, Sumba dan Flores.

  1. Anis Kembang (Zoothera interpres)
Anis Kembang

Anis Kembang

Hampir sama dengan burung anis merah, spesies anis kembang ini juga tidak kala populer. Suara kicauannya yang sangat merdu membuat banyak para pecinta burung yang ingin memeliharanya, sehingga pantas jika harga burung anis ini juga tidak kalah mahal dengan anis merah di pasaran. Spesies anis kembang ini bisa kita temukan di kawasan Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sumbawa, Lombok dan juga Flores. Selain itu, di beberapa negara seperti Malaysia dan Filipina pun anda bisa menemukan spesies burung anis bersuara merdu ini.

  1. Anis Cendana (Zoothera peronii)
Anis Cendana

Anis Cendana

Jenis burung anis yang satu ini juga sangat digemari oleh para pecinta burung kicauan di seluruh Indonesia. Dikarenakan burung ini memiliki suara yang cukup bagus dan mampu menirukan berbagai suara kicauan masteran, namun kekurangan dari anis Cendana ini memiliki gaya yang sering nungging saat sedang tampil dalam kontes. Meski demikian, namun jenis burung anis yang hanya bisa ditemukan di Indonesia ini menjadi salah satu burung anis yang cukup populer untuk dipelihara.

  1. Anis Sisik (Zoothera dauma)
Anis Sisik

Anis Sisik

Bagi para pecinta burung kicauan, untuk membuat burung ini bisa berkicau memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Karena sangat dibutuhkan perhatian, perawatan dan kesabaran ekstrak dalam melatihnya agar anis sisik ini bisa berkicau dengan baik dan merdu. Jenis anis sisik ini berasal dari kawasan Taiwan Mongolia dan juga Siberai. Namun sepertinya burung ini memiliki habitat baru di daerah pegunungan Bukit Barisan setelah migrasi dari habitat asalnya.

  1. Anis Hutan (Zoothera andromedae)
Anis Hutan

Anis Hutan

Sepertinya burung anis yang satu ini hampir mirip dengan anis macan dan anis sisik. Suara kicauannya pun cukup merdu, namun sayang populasinya saat ini sudah terancam punah karena sudah mulai langka. Burung anis hutan ini biasanya sering ditemukan di kawasan Jawa Barat, tepatnya berada di sekitar Gunung Pangrango. Selain di Jawa Barat, keberadaan burung anis ini juga terkadang ditemukan di kawasan Pulau Sumatera, Malaysia dan juga Filipina.

  1. Anis Siberia (Zoothera sibirica)
Anis Siberia

Anis Siberia

Anis Siberia atau lebih dikenal dengan sebutan anis hitam ini memiliki warna bulu yang sangat hitam, ukuran tubuhnya pun cukup besar dan tampak sangat misterius. Namun anda tidak akan menyangka jika ternyata suara kicauannya begitu merdu, lembut dan juga unik mirip seperti suara yang sedang teler. Jenis burung anis ini banyak ditemukan di kawasan Pulau Sumatera dan juga Pulau Jawa, meskipun burung ini bukan asli dari Indonesia. Tetapi burung ini merupakan hasil migrasi dari kawasan yang bersuhu dingin seperti di China, Mongolia dan juga Siberia. Karena membutuhkan tempat yang memiliki suhu cukup hangat, maka pada saat musim kawin mereke melakukan migrasi dengan menyebrang ke kawasan Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

  1. Anis Enggano (Zoothera leucolaema)
Anis Enggano

Anis Enggano

Jenis burung anis lainnya yang cukup populer dan bisa anda temukan di Indonesia yaitu bernama Anis Enggano. Sesuai dengan namanya, spesies burung anis yang satu ini spesies asli dari Indonesia yang berasal dari Pulau Enggano. Meskipun tidak sepopuler anis merah, tetapi suara kicauannya cukup merdu dan tampilannya pun hampir mirip dengan anis kembang. Hanya saja, bagian dada dari anis ini lebih mendominasi warna putih tanpa adanya bercak hitam.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis burung anis lainnya yang bisa kita temukan di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti anis gunung, anis kayu, anis Sulawesi, anis seram dan juga anis tanimbar. Meskipun memiliki spesies yang berbeda-beda, tetapi hampir semuanya memiliki suara yang cukup bagus dan merdu.

Cara Membedakan Burung Anis Jantan Dan Betina

Ada beberapa ciri-ciri umum yang bisa anda ketahui dalam membedakan antara burung anis jantan dan betina, diantaranya yaitu :

  1. Warna bulu burung anis jantan lebih terang dibandingkan dengan warna bulu pada anis betina.
  2. Ketika memegang bagian tulang supitnya, anis jantan memiliki supit yang cukup rapat dan pada anis betina agar renggang.
  3. Sifat atau karakter dari anis jantan ketika berkumpul dengan burung anis lainnya, maka kepalanya akan sering mengangkat kepalanya.
  4. Bentuk paruh dari anis jantan lebih tebal dan lancip dari anis betina.
  5. Bentuk kepala dan leher dari anis jantan lebih panjang, sedangkan pada anis betina lebih bulat dan pendek.
  6. Pada bentuk bulu ekornya, anis jantan memiliki bentuk bulu ekir yang mirip dengan huruf ‘M’.
  7. Bentuk jari dari anis jantan lebih panjang dan sayapnya lebih merapat dibandingkan dengan anis betina.

Pakan Favorit Burung Anis

Ada beberapa jenis pakan yang disukai oleh burung anis, diantaranya yaitu :

  1. Voer

Dalam pemilihan voer untuk pakan burung anis, maka sebaiknya pilih pakan yang memiliki kadar protein 12% atau 18%.

  1. Buah Segar

Beberapa jenis buah segera yang di sukai burung anis diantaranya seperti buah pisang kepok putih, pepaya, apel, pir, tomat dan beberapa jenis buah segar yang mengandung vitamin C tinggi.

  1. EF (Extra Fooding)

EF (Extra Fooding) merupakan jenis pakan tambahan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh burung anis. Beberapa jenis pakan tambahan terbaik untuk burung anis, yaitu seperti :

  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat hongkong
  • Ulat bambu
  • Belalang
  • Kelabang
  • Cacing
  • Dll

Cara Merawat Burung Anis

  1. Perawatan harian

Dalam melakukan perawatan harian burung anis, anda harus lebih sering mengangin-anginkan, rajin memandikan, menjemur dan juga memberi pakan sehat secara teratur. Ketika akan mengangin-anginkan, maka lepaskan penutup sangkar burung di mulai dari jam 6 pagi dan gantung sangkar burung di teras rumah selama 2 jam.

Setelah matahari pagi sudah naik atau sekitar jam 8 pagi, maka anda bisa memandikan burung sambil membersihkan sangkar burung agar kebersihannya sangkarnya selalu terjaga dengan baik. Perawatan selanjutnya yang harus anda lakukan setelah memandikan burung yaitu dengan menjemurnya, jemur burung di dalam sangkar kurang lebih selama 2 jam.

Jika sudah selesai dijemur, maka anda bisa mengantung sangkar burung anis anda di bawah pohon. Jika tidak ada, anda biusa menggantungnya di teras rumah atau bisa juga ditempat lainnya yang dirasa cukup sejuk untuk burung.

  1. Pemberian Pakan

Perawatan burung anis berikutnya yang sangat penting untuk anda lakukan yaitu dengan memberinya pakan secara teratur, pastikan juga pakan yang digunakan memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Pada pagi hari, pakan yang bagus untuk burung anis yaitu dengan memberinya jangkrik sebanyak 2 ekor. Selain itu, burung anis juga membutuhkan pakan tambahan berupa kroto segar atau bisa juga dengan cacing. Pemberian kroto segar sebaiknya diberikan  1 sendok teh setiap seminggu sekali, sedangkan pemberian cacing sebaiknya diberikan 2 ekor setiap seminggu sekali.

  1. Suasana Lingkungan

Sifat dari burung anis cukup sensitif dengan kondisi lingkungan sekitar, sehingga pastikan anda menempatkan sangkar burung anis di tempat yang aman, tenang dan nyaman untuk burung. Jika terlalu ramai atau terlali bising, maka burung anis bisa mengalami stres atau teler. Lebih parahnya lagi, jika burung anis sudah stres, maka burung tidak akan bisa berkicau lagi. Selain itu, hindarkan sangkar burung dari tempat-tempat yang memicu hewan pemangsa seperti tikus, kucing atau anjing. Oleh karena itu, pada malam hari sebaiknya sangkar burung anis ditutup rapat agar tidak terlihat oleh hewan pemangsa.

  1. Perawatan Persiapan Lomba

Jika sudah mendekati waktu perlombaan, maka anda bisa memberikan burung anis anda mengkonsumsi jangkrik sebanyak 2 ekor dan potong menjadi 4 bagian. Pemberian pakan ini dapar dilakukan pada pagi dan sore hari. Selain itu, jangan terlalu lama menjemur burung anis ketika akan diikutkan dalam lomba. Cukup jemur burung anis selama 30 menit setiap harinya. Ketika akan diikutkan dalam lomba, maka sebaiknya burung anis diisolasi terlebih dahulu agar tidak mudah stres dan lebih fokus dalam menghadapi perlombaan terlebih dahulu.

Bagaimana, informasi yang sangat menarik bukan?

Sekian informasi dari kami mengenai burung anis, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda pra pecinta burung kicauan khususnya burung anis.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Komentar

Komentar

Mengenali Beragam Burung Anis di Indonesia | admin | 4.5