Cara Merawat Burung Lovebird Ngekek Fighter dan Kongslet

lovebird paruh putih euwing ngekek

lovebird paruh putih euwing ngekek

Cara Merawat Burung Lovebird Ngekek Gantangan Fighter dan Kongslet – Selain memiliki warna bulu yang sangat indah dan bervariasi, burung berparuh bengkok ini juga mempunyai terkenal dengan suara ngekek yang sangat khas dan memiliki durasi yang panjang, sehingga membuat banyak para pecinta burung ingin sekali memeliharanya.

Bagi anda yang memelihara burung Lovebird, namun burung Lovebird kesayangan anda masih belum bisa ngekek di gantangan dengan durasi yang panjang. Maka anda tidak perlu risau, mungkin anda masih belum terlalu paham dalam cara merawat burung Lovebird harian dan untuk lomba.

Untuk membuat burung Lovebird bisa ngekek di gantangan dengan durasi yang lama tidaklah mudah, pemilik burung harus ekstra kerja keras dan konsisten dalam merawatnya. Sebenarnya, tidak ada aturan pasti jika burung Lovebird yang dilombakan harus berjenis kelamin betina. Alasan kenapa burung Lovebird betina lebih sering dipilih untuk mengikuti lomba yaitu dikarenakan Lovebird betina memiliki durasi ngekek yang lebih panjang dibandingkan dengan Lovebird jantan yang pada suara ngekeknya sering diselingi dengan suara isiannya dan diselangi dengan jeda.

Maka dari itu, jika anda ingin memiliki burung Lovebird untuk dijadikan burung kontes, maka sebaiknya tentukan jenis kelamin Lovebird yang akan anda gunakan untuk dikutkan dalam lomba sebelum membelinya. Setelah anda menentukan jenis kelamin burung Lovebird yang akan anda latih agar bisa menghasilkan suara ngekek di gantangan dengan durasi yang panjang, maka anda sebaiknya memperhatikan beberapa faktor dibawah berikut ini

Faktor Agar Lovebird Ngekek Digantangan dengan durasi yang panjang

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi burung Lovebird bisa ngekek di gantangan dengan durasi yang panjang dan berkualitas bagus, yaitu :

  1. Faktor Gen (Keturunan)

Dengan memiliki trah suara ataudalam istilah umumnya keturunan, burung Lovebird yang dihasilkan dari indukan Lovebird juara akan memiliki kualitas suara ngekek yang bagus dan panjang yang diturunkan. Hal itu sudah dikenal sebagai warisan yang diturunkan kepada anaknya. Selain itu, keturunan juga dapat membawa karakteristik dari sang indukannya dan bahkan lebih baik dibandingkan dengan indukannya asal dilakukan dengan poa perawatan dengan sangat baik.

Lovebird ngekek Paswing

Lovebird ngekek Paswing

Maka dari itu, ketika anda akan membeli burung Lovebird sebaiknya anda membelinya langsung dari peternak agar bisa tahu keturunannya apakah memiliki riwayat bermental juara atau tidak. Anda bisa menanyakannya langsung kepada peternak, burung Lovebird mana yang memiliki keturunan Lovebird juara. Meski harganya cukup mahal, namun anda tidak akan sia-sia merawatnya untuk dijadikan sebagai burung Lovebird juara.

  1. Perawatan

Pola perawatan juga menjadi poin yang sangat penting untuk diperhatikan, sehingga burung Lovebird peliharaan anda bisa menghasilkan ngekek di durasi yang panjang di gantangan. Terutama dari segi pemasteran dan juga jenis serta pola pemberian pakan hariannya.

  1. Pemasteran

Pemasteran adalah suatu bentuk latihan dengan memutar mp3 suara ngekek burung Lovebird lain yang sudah jadi dan juara, ini bertujuan untuk membuat burung yang dimasterkan dapat meniru suara mp3 masteran tersebut. Waktu dan jadwal dalam melakukan pemasteran ini harus terus ditingkatkan, sehingga burung Lovebird anda bisa cepat ngekek dengan durasi yang panjang di gantangan dan memiliki kualitas yang bagus sesuai seperti apa yang diinginkan.

  1. Pemberian Pakan

Burung Lovebird termasuk ke dalam jenis burung pemakan biji-bijian, sehingga untuk menjaga agar burung Lovebird kesayangan anda tetap sehat dan memiliki suara ngekek yang panjang sebaiknya berikan pakan berkualitas dan bernutrisi serta extrak food yang beragam. Pemberian milet putih bisa sobat berikan kepada burung Lovebird, meski banyak yang beranggapan bahwa milet putih dapat membuat tubuh Lovebird menjadi gemuk. Namun efek tersebut hanya terjadi pada burung Lovebird yang kurang aktif bergerak. Oleh sebab itu, kami sarankan agar Lovebird rutin melakukan terapi umbaran seminggu 2 kali. Selain itu, beberapa jenis pakan tertentu bisa diberikan sehari sebelum lomba dengan tujuan agar birahinya bisa naik.

  1. Birahi

Faktor lain yang dapat membuat burung Lovebird memiliki birahi yang stabil, tidak berlebihan dan juga tida ngedrop. Maka pemberian pakan berkualitas menjadi sumber utama agar birahi Lovebird selalu stabil. Selain itu, untuk menjaga birahi burung Lovebird tetap stabil bisa diimbangi dengan rutin memandikannya setiap pagi. Hal ini dikarenakan, burung Lovebird termasuk ke dalam jenis burung yang sangat suka mandi.

Sedangkan untuk cara mandi itu sendiri bisa tergantung dari anda yang merawatnya atau tergantung dari kebiasaan mandi burung itu sendiri. Umumnya, jadwal memandikan burung Lovebird yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun jika Lovebird kesayangan anda sering mengalami over birahi, maka sebaiknya anda rajin memandikan burung di malam hari.

Perawatan Lovebird Juara Menjelang Lomba

Euwing ngekek

Euwing ngekek

Setelah anda rutin melakukan perawatan harian pada burung Lovebird seperti cara diatas, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan perawatan menjelang lomba. Perawatan menjelang lomba ini, maka burung Lovebird tidak perlu di embunkan dan cukup dimandikan 1 kali sehari pada pagi hari saja. setelah selesai dimandikan, sebaiknya angin-anginkan sebentar dan berikan jagung manis sebelum dimasukan ke dalam sangkar dan dikerodong semalaman.

Pada tahap percobaan, anda jangan dulu menerjunkan langsung burung Lovebird kesayangan anda ke gantangan resmi dalam perlombaan. Sebaiknya anda mencoba melatihnya terlebih dahulu dengan membuat gantangan sendiri dan coba dengan burung Lovebird lain milik anda atau anda bisa mengajak teman yang sama-sama memiliki burung Lovebird yang akan diikutkan dalam lomba. Buatlah suasana seperti sedang berada dalam lomba yang sebenarnya, dengan menerapkan pola perawatan menjelang lomba seperti ini dapat melatih mental burung Lovebird milik anda seakan sedang mengikuti loma yang sesunggunya.

Jika memiliki beberapa ekor burung Lovebird, maka itu lebih bagus. Dengan demikian, maka anda bisa melakukan perawatan harian dan juga perawatan menjelang lomba pada burung Lovebird anda yang lainnya. Setiap seminggu sekali, maka anda bisa membuat gantangan sendiri di halaman rumah anda dan anda bisa mengamati semua brung Lovebird yang anda pelihara untuk menentukan burung Lovebird mana yang memiliki kemampuan ngekek di gantangan paling panjang dan paling bagus yang cocok untuk diajak lomba.

Jika anda sudah menemukan Lovebird yang anda anggal memiliki mental juara, maka anda bisa memaksimalkan perawatannya menjelang lomba untuk mengikuti lomba yang sesungguhnya. Setelah anda merasa cukup mengerti dan menguasai pola perawatan burung Lovebird juara, maka anda akan lebih mudah untuk bisa memenangkan banyak perlombaan dan anda pun akan menjadi seorang kicau mania juara yang dikenal olah banyak orang diantara para pecinta burung.

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan untuk menerapkan semua cara merawat burung Lovebird agar bisa ngekek di gantangan dengan durasi yang panjang dan menjadi juara.

Demikianlah informasi yang dapa kami simpulkan kepada para kicau manis dimanapun anda berada, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua dalam melakukan perawatan burung Lovebird.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar

Komentar

Cara Merawat Burung Lovebird Ngekek Fighter dan Kongslet | admin | 4.5